[0] Metode Perubahan yang Terlupa

Perubahan adalah sebuah keniscayaan dalam hidup. Perubahan diperlukan ketika muncul kesadaran akan fakta yang rusak atau sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Saya bukan penikmat Anime. Tapi, ada beberapa Anime yang membuat saya tertarik, salah satunya Naruto. Anime Naruto sarat dengan pesan, termasuk tentang perubahan. Kalo mo diceritain detail, gak bakalan cukup berlembar-lembar karena saya suka cerita. Tapi, mungkin saya hanya akan mengambil sebagian saja. Di beberapa cerita, Naruto membahas tentang perubahan, contohnya saat Pain ingin menghentikan perang di dunia Shinobi dengan cara menghancurkan dunia lama dan mengganti dengan yang baru. Sama seperti Oda Nobunaga, salah seorang tokoh yang terkenal dalam sejarah Jepang. Dia juga ingin menyatukan Jepang dan mengakhiri perang di seluruh negeri dengan meyingkirkan orang-orang lama dan mengganti dengan orang-orang baru.

Hari ini, tidak sedikit yang mengadopsi perubahan dengan metode seperti itu. Jika bukan revolusi penuh darah, kudeta, dan sejenisnya. Manusia membenci peperangan sebagaimana mereka benci hidup dalam ketakutan dan kesengsaraan. Akhirnya, ketika ada yang menawarkan sebuah perubahan, orang-orang buru-buru menolak karena sudah takut duluan kalau-kalau ada peperangan yang akan terjadi.

Namun, ada yang terlupa. Di suatu masa seorang pemuda pernah melaksanakan sebuah metode perubahan yang jauh berbeda dengan yang pernah dilakukan manusia manapun. Pemuda itu melakukan perubahan dengan cara yang sangat manusiawi. Pemuda itu melakukan revolusi namun bukan revolusi penuh darah dan kudeta. Pemuda itu melakukan revolusi pemikiran.

Pemuda itu melakukan perubahan dengan menyadarkan manusia bahwa mereka sedang tidak baik-baik saja dan butuh akan perubahan tersebut. Meski banyak pihak yang menentang, mengancam dan berlaku keras padanya, dia melakukannya tanpa henti. Lebih dari itu, dia melakukannya bukan untuk dirinya sendiri, bukan untuk kaumnya, bukan untuk bangsanya tetapi untuk seluruh manusia. Semua itu semata karena perintah Tuhannya.

Tuhannya yang memerintahkannya untuk mengubah manusia dengan mengubah pemikiran mereka, karena Tuhannya tahu bahwa manusia harus diperlakukan sebagaimana manusia. Sekalipun dunia tak percaya, dia membuktikannya.

Ya, Rasulullah Muhammad SAW. mengubah manusia dengan cara mengubah pemikirannya hingga manusia sendiri yang meminta perubahan itu. Itulah metode perubahan yang diridhoi oleh Allah, Tuhan Semesta Alam. Allah begitu menyayangi manusia, maka Allah jadikan Rasulullah sebagai contoh untuk melakukan perubahan di tengah-tengah manusia dengan cara yang memanusiakan mereka.

Maka jika hari ini ada yang mengusung lagi metode perubahan tersebut, maka percayalah itu akan berhasil karena itulah satu-satunya metode perubahan yang akan memanusiakan manusia.

Kendari, 8 Mei 2017. 21:56 WITA.

Teruntuk Para Pejuang perubahan hakiki.

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s