Gadis Pemungut Karet Gelang

Aku bertemu dengannya di suatu pagi yang mendung. Seperti biasa, dengan senyum polos nan ceria yang selalu menghiasi wajahnya, kami membereskan tempat acara yang beberapa jam lagi akan segera dimulai. Sambil membersihkan lantai dan mengatur ruangan, dia berseru.

“Mbak, karet!”

“Buat apa karetnya?”

“Aku suka ngumpulin karet, Mbak”.

“Emang dibuat apa karetnya?”

“Ya, dibuat ngapain aja, Mbak. Kan sayang kalo dibuang. Di kontrakan, semua karet kuleksi lho, Mbak”.

Aku hanya bisa tertawa. Setelah sekian lama aku baru menemukan lagi orang yang memiliki hobi mengoleksi sesuatu yang tidak biasa. Sesuatu yang sepele tapi sering dicari, seperti karet gelang. Mungkin, begitulah dia melihat sesuatu. Sederhana tapi penting.

Sejak saat itu, jika aku menemukan karet aku langsung memberikan padanya. Bahkan jika dia tak ada dan aku menemukan karet, aku akan langsung mengingatnya. Mengingat si gadis pemungut karet gelang.

Terima kasih karena sudah mengingatkanku tentang sebuah prioritas. Tentang sebuah pandangan akan sesuatu. Bahwa tak semua yang tidak digunakan adalah sampah. Bisa jadi sesuatu itu akan berguna suatu saat nanti. Seperti karet gelang yang seolah tidak terpakai lagi setelah digunakan sekali saja. Namun di kemudian hari dia pasti akan dibutuhkan.

Begitu pun dengan kita. Tak ada seorang pun yang tidak berguna. Hanya pikiran dan dirinya sendiri yang membuatnya tidak berguna. Karena dia tidak mau memberikan potensinya untuk dibagi dengan orang lain.

Perantauan, 19 Februari 2016. 11:06 PM. With Song of Hope.

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Leave a Reply

