Muhasabah

DU Wallpaper
DU Wallpaper

Kadang muhasabah dari diri sendiri itu tidak cukup. Ibarat nampar diri sendiri. Kadang kita juga terlalu toleran dengan diri sendiri. Maka, bisa jadi ditampar oleh orang lain akan lebih baik. Mungkin saja mereka lebih tahu tentang kita. Sisi yang tidak bisa kita lihat sendiri dari diri kita. Itulah blind spot.

Dan memuhasabahi itu berat. Seringkali kita yang dimuhasabahi merasa shocking soda pas ditampar dengan sekumpulan muhasabah. Tapi, akan sangat berat bagi orang yang memuhasabahi. Bayangkan betapa beratnya dia saat memutuskan akan memuhasabahi kita. Pasti dia mikir ribuan kali. Kenapa? Karena sebenarnya dia tidak ingin menyakiti kita.

Muhasabah itu seperti obat. Siapa yang suka minum obat? Pahit. Gak enak. Memuakkan. Tapi, kalo ternyata dengan minum obat itu kita bisa sembuh, kenapa gak? Bukankah untuk menjadi kuat kita harus sakit terlebih dahulu? Istilahnya, No Pain No Gain.

Muhasabah mungkin pahit. Bagi kita yang punya naluri baqo’. Tapi, setidaknya kita masih bisa ngerasa, kan? But, don’t forget that we do have “akal”. Dengan itu kita bisa merenung, berpikir dan berkontemplasi. Bisa jadi memang kita salah dan kita harus mengakuinya. Menjadikannya sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik.

In order to grow up, I have to feel the taste of pain. I should go through the hardness and of course make my self understand and realize why I have to change.

Shelter, March 14th 2015. Terima kasih atas muhasabanya, teman-teman 🙂

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

2 thoughts on “Muhasabah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s