That’s What Makes You Beautiful

Repost gegara di-tag video di SNS

Beberapa waktu yang lalu saya ke sebuah swalayan di dekat kontrakan. Biasanya swalayan itu muter lagu macam-macam. Mulai dari lagu pop sampai lagu dangdut. Nah, waktu itu ada satu lagu yang musiknya catchy banget di telinga saya. Tapi, gak terlalu saya pusingin sih. Toh saya juga gak tau liriknya. Kalopun nebak-nebak, pasti gak jauh-jauhlah dari lirik lagu komersil macam sekarang. Apalagi kalo bukan cinta palsu?

Singkat cerita, beberapa hari berlalu. Nah, saya kebetulan denger lagu itu lagi. Gara-gara penasaran, saya coba aja searching liriknya. Dan ternyata, lagu itu adalah lagunya One Direction, boyband yang juga lagi naik daun kayak Super Junior *eh, kok malah bahas boyband?* Kalo gak salah, potongan liriknya seperti ini.

 

You’re insecure

Don’t know what for

You turned you hair

when you walk through the door

don’t need make up to cover up

being the way that you are is enough

everyone else in the room can see it

everyone else but you…

 

Kayaknya lirik di atas ada benernya juga deh. Cewek-cewek sekarang itu sering banget riweuh sendiri sama penampilan. Bahasa gaulnya, rempong bo’ *gubrakz* Yah, begitulah. Saya juga gak tau apa emang karena cewek cenderung sangat memperhatikan penampilan atau karena terpaksa harus merhatiin penampilan biar gak disebut katro, dsb *belum sempat survey* Tapi, emang kayak gitu kenyataan di lapangan. Akhirnya, gak jarang banyak cewek-cewek jadi korban iklan saking takut banget penampilannya gak menarik. Lagian, emang bakalan ada yang tertarik apa? Minimal nyangkut gitu? *ngawur.com*

Dan pemirsa, ternyata yang kayak gini juga menimpa saudari-saudari kita sesama muslimah. Muslimah abad 21 ini benar-benar sangat menjaga penampilan. Takut gak keliatan cantik di mata orang-orang. Tapi, di sisi lain mereka sebenarnya juga takut lho sama Allah. Buktinya, meskipun tetap ingin terlihat cantik dan modern plus modis and stylish, masih cukup banyak muslimah yang mau menutup auratnya. Tapi, ya gitu. Untuk menjaga agar tetap terlihat cantik, hijabnya dimodelin dengan berbagai macam. Makanya gak heran kalo sekarang kerudung (hijab) jadi trend di kalangan para muslimah muda. Mulai deh bermunculan komunitas hijaber, tutorial hijab, dsb. Semua itu dilakukan dengan tujuan biar kerudung gak keliatan ketinggalan jaman, kuno, kolot, dsb. Tapi, bener gak sih kalo busana muslimah syar’i itu ketinggalan jaman dan gak menunjukkan tanda modern? Bisa jadi, kalo dilihat dari kacamata Kapitalisme yang menjadikan materi sebagai tolak ukur segala sesuatu. Lantas, bagaimana Islam memandang? Gimana sih cantik dalam kacamata Islam? Karena kita Muslim(ah), yuk caritau ^_^

Sebelumnya, saya ingin mengutip hadist Rasulullah SAW.

 “Dunia itu adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah” (HR. Muslim)

Nah, trus, wanita shalihah itu seperti apa?

Jawabannya gampang. Wanita sholihah itu adalah wanita yang mencintai Allah dan Rasulullah saw di atas segala-galanya. Wanita yang menjadikan Islam sebagai pijakan hidupnya dan berusaha sekuat tenaga berjalan di dunia ini agar sesuai dengan tuntunan Islam. Ia menjaga diri dan kehormatannya dengan menutup aurat seperti firman Allah :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…” (An Nuur [24] : 31)

“Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya [baju kurung yang longgar dan terulur hingga kebawah] ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Al Ahzab [33] : 59)

Wanita sholihah itu juga senantiasa menjaga interaksinya. Menjauhi khalwat (berdua-duaan dengan yang bukan muhrim), ikhtilat (bercampur-baur) apalagi pacaran. Mereka sadar bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Allah dan mereka harus terikat dengan seluruh hukum-hukum Allah. Dan mereka menyadari betul bahwa Islam adalah solusi atas seluruh permasalahan kehidupan.

Dengan itulah Islam memuliakan seorang wanita. Menjadikannya perhiasan dunia dan akhirat karena ia sholihah bukan karena cantiknya, hartanya atau kedudukannya. Yang membuat mereka cantik adalah ketakwaan mereka kepada RabbNya. Ketakwaan yang ditunjukkan dengan terikat kepada syari’at Allah secara kaffah.

Nah, buat ukhti-ukhti sekalian, mulai sekarang gak perlu riweuh dengan penampilan. Kalian cantik kok dengan jilbab dan kerudung kalian. That’s what makes you beautiful, ukhti J

Dan yang perlu diingat juga bahwa saat ini sistem kehidupan Sekular-Kapitalistik-lah yang membuat kecantikan itu hanya sebatas fisik (materi) semata. Sehingga standar kecantikan gak akan pernah berubah ketika sistem ini tidak ikut berubah. Maka, udah saatnya kita juga mengupayakan agar sistem ini bisa berubah menjadi sistem Islami di bawah naungan Daulah Khilafah Islamiyah. Mulailah dari sekarang, karena kalo bukan sekarang, kapan lagi?

Wallahu ‘alam bi ash shawwaab

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

8 thoughts on “That’s What Makes You Beautiful

  1. baca ini jd keingetan suatu hal.. muslimah mulai byk yg berhijab syar’i sejak ada tren hijab syar’i. disatu sisi bersyukur, tp di sisi lain ngrasa rada2 gmn juga, trutama buat penjual hijab itu sndiri. syar’i sih, feminin sih, tp mnurut aku pribadi (entah ini sisa tomboy2nya masih nyisa/fakta di lapangan drasakan org lain jg) kok malah terkesan ribet, byk perintilannya, misal : kerudung instan yg berlayer-layer, renda dimana-mana, dll. bukannya aku gak suka sesuatu yg feminin, cute, gak mempercantik diri, dsb tp gak simpel aja liatnya.

    1. haha samaa… entah kenapa aku juga gak suka sesuatu yang ribet. Tampil cantik dan rapi kan gak perlu ribet juga… cuma aku ngerasa *mgkin karena emang bawaan tomboy dari dulu* klo pengen cantik jadinya ribet. Dan akhirnya berhijab jadi karena penilaian orang, bukan krn Syara’. Kmrin jg baca tulisan tentang kerudung instan (langsung pakai) sama kerudung segiempat. Hahaa, berasa gimanaa gitu *malah curhat*

      Tapi kalo ak pribadi, selama itu syar’i ya why not? Ak lebih milih tampil sederhana dan nyaman daripada menyamankan diri demi penampilan cantik dan atau elegan. Meskipun keikhlasan itu gak ada yang tau.

      1. tulisannya mbak nurisma fira ya? 😀
        haha iya sih ya kayaknya bawaan tomboy jadinya pas udh berhijab senangnya jg yg simpel2, sm kalo mnurutku ya prinsipnya bhijab itu kan utk mempermudah muslimah dlm bpakaian, bkn mlh memperibet (apa sih ini bahasanya haha) dan bikin lebay.
        tapi bkn berarti jg kita jd seenaknya dlm brhijab (jd slengean, warna tabrak sana sini, kucel bin kumel, dll) krn posisinya sbg pngemban dakwah kita hrs punya personal selling yg oke & memberikan first impression yg bagus, yg slh satunya dlihat dr cara brpakaian (rapi, bersih, enak diliat).
        poin yg aku dapet sih selain syar’i, nyaman & suka (gak ribet, gak slengean jg), jg proporsional harus tau momen kpn formal kpn informal, dan itu semua msh ada dlm ranah yg kita kuasai 😀

  2. sepatu, zi.. Selama itu syar’i kan gak masalah. Toh kita berhijab bukan karena apa atau siapa. Cm krn kita jg berinteraksi dengan umat makanya kita memperhatikan penampilan dan menempatkan sesuai kebutuhan 🙂 *tapi mungkin karena aku anak FIB jadinya lebih simple. Kuliah pke kerudung instan, kemana2 jaketan haha saking gak pernah diperhatiin 😀 *

      1. i see 😀 iya disini juga sama, pd bebas sebebas berbagai jenis pemikiran yg berkeliaran hehe :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s