Rumah

wpid-tumblr_mdu48noej61ria38po1_500_large1Rumah. Setiap orang pasti punya interpretasi yang berbeda saat menyebut kata rumah. Begitupun dengan saya. Bagi saya, rumah itu tidak sekedar tempat melepas lelah tapi juga tempat belajar. Makanya, banyak tempat yang sering saya sebut sebagai rumah, dan tentu saja selain rumah saya ๐Ÿ˜€

Waktu SMA, tempat nongkrong favorit di sekolah adalah Musholla. Kenapa? Karena di sana saya berkumpul dengan teman-teman seperjuangan di Rohis dan bisa mendiskusikan banyak hal selain rapat, tentu saja ๐Ÿ˜€ Selain rumah ortu, saya punya rumah lain. Tempat yang saya anggap rumah kedua saya waktu itu. Yap, rumah musyrifah (ustadzah) saya. Karena sering sekali halqah di sana, jadi seperti rumah sendiri. Datang, disuruh masuk langsung ngibrit ke dapur. Nyari makan ๐Ÿ˜€ Tapi emang dulu itu udah kayak anaknya musyrifah, sampe suami beliau kita panggil Abi saking udah akrab. Ya, saya dulu gak sendirian, tapi bareng 3 sahabat seperjuangan yang lainnya. Ada Fitri, Mala sama Iva. Rumah beliau selalu jadi tempat yang nyaman bagi saya karena di sana saya tidak sekedar melepas lelah, tapi juga berdiskusi banyak hal dengan musyrifah dan teman-teman halqah.

Pas kuliah, saya merantau. Dan di sinilah saya memiliki lebih banyak rumah. Ya, karena saya pindah-pindah dari satu rumah binaan ke rumah binaan lainnya. Selain rumah musyrifah tentu saja hehehe ๐Ÿ˜€ Rumah pertama saya di sini namanya Fastabiqul Khairaat. Singkatannya FK. Pertama kali denger saya malah itu Fakultas Kedokteran karena di kampus saya ada FK. Ternyata itu nama rumah binaan. Saya di sana selama satu tahun. Banyak hal yang saya pelajari di FK dan tentu saya banyak kenangan โ€œnano-nanoโ€ selama saya di sana. Dari sana pula saya akhirnya menobatkan diri saya sebagai Cinderella Jam 9 karena peraturan rumah gak boleh pulang di atas jam 9 malam atau siap-siap camping di teras rumah. Seringkali karena kegiatan malam, misal halqah, kuliah atau rapat, saya akhirnya harus ngebut sampai rumah sampe ngos-ngosan. Dan akhirnya, tahun berikutnya saya pindah ke rumah binaan baru sampai sekarang. Dan FK pun berganti personil. Dulu waktu tahun saya ada mbak Dina, mbak Indah, Ajeng, Elok, Nurus, Inna, Zizah, dan beberapa personil lain yang akhirnya pindah. Sekarang di FK tinggalย  mbak Dina sama Ajeng.

Oke, episode berpindah. Rumah saya yang sekarang sudah masuk 2,5 tahun bernama Khairunnisa 1453. Rumah yang personilnya paling sedikit karena serumah hanya 4 orang. Jadi, saya barengan sama 3 teman saya yang lain. Ada mbak Sari, Nurul dan Epit. Sebelumnya ada Lani dan Yepi. Tapi mereka sudah pindah dan digantikan sama Nurul dan Epit. Dulu, rumah ini sering jadi semacam tempat persinggahan teman-teman yang lain. Kadang sepiiii banget, kadang rameeee banget. Dan akhirnya balik lagi jadi sepi.

Kami berempat berbeda, meskipun saya, mbak Sari dan Epit dari pulau yang sama. Namanya juga manusia, karakternya pasti beda. Yang pertama ada mbak Sarimuna. Anak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) angkatan 2012. Saya punya julukan buat mbak Sari, yaitu Kanjeng Mami karena mbak Sari itu sangat peduli dengan yang namanya kebersihan rumah. Semua dikomentari mulai dari A-Z dan saya selalu jadi orang yang paling sering diomelin. Mbak Sari juga kadang-kadang suka bercanda dan kalo lagi suntuk kerjaannya adalah ngebully orang yang ada di dekatnya. Siapa aja, gak terkecuali Nurul dan Epit yang juga kadang gak tau apa-apa sama sekali. Tapi, aslinya mbak Sari itu baik dan perhatian. Murah hati dan tidak sombong hehehe ๐Ÿ˜€ Tapi sekarang karena sibuk nge-lab jadinya di rumah Cuma lewat doang trus balik lagi ke lab.

Kedua, namanya Nurul Husni. Anak Fakultas Teknologi Pertanian angkatan 2012. Dia saya juluki Miss Wajak karena gayanya yang sangat feminin. Ngomong yang Cuma butuh hitungan detik diselesaikan dalam hitungan menit sama dia. Dia sering banget ngelupain sesuatu dan kerennya kalo tidur bisa dimana aja *saya gak bisa haha :D* Nurul adalah anak yang sangat ceria. Saya jarang banget lihat dia nangis padahal kehidupannya gak seindah kehidupan Putri Salju *apaan sih?* Beda banget sama saya *eh* Nurul itu sukanya konser dan kadang saya ikutan juga ๐Ÿ˜€ Sampai akhirnya kami dibilangin KN Band. Nurul suka bawa bahan makanan kalo pulang ke rumah. Biasa bawa singkong, ketan dan daun singkong kesukaan kami. Nurul juga yang paling jago masak dan favorit kami adalah makanan yang super asin. Meskipun kadang kena protes karena katanya orang-orang rumah ngebet nikah padahal sebenarnya karena kita semua doyan asin ๐Ÿ˜€

Yang paling bontot namanya Novembrianti Handayani dan dipanggil Epit. Dia anak Program Kedokteran Hewan angkatan 2014. Saya belum punya julukan buat dia. Dan dia adalah roommate saya. Kami punya kebiasaan yang sama, yakni berantakin kamar. Semuanya ditaruh di atas kasur. Habisnya gak ada space buat naruh barang. Untung aja dia jarang komplen malah dianya suka minta maaf sama saya karena ngeberantakin kamar, padahal aslinya saya yang paling sering *parah banget. Mohon tidak ditiru. Setelah ini saya akan merapikan semuanya :D* Tapi, Epit itu anaknya rajin. Trus, hormat banget sama kakak-kakaknya yang yah gitu deh. Tiap hari dia kuliah jam setengah delapan trus dengan laporan praktikum seabrek tapi dia selalu punya alasan untuk tersenyum.

Ya, mereka semua adalah harta karun saya. Dari mereka saya belajar tentang persahabatan, kekeluargaan, rasa syukur dan masih banyak hal lainnya. Kita memang masih jauh dari sempurna. Tapi, jika kita bersama-sama memperbaiki diri, kita pasti akan menjadi tim yang solid dan tangguh. Minna, arigatou ne. Uhibbukum fillah โค

Shelter, October 8th 2014. 08:20 PM. Jelang Rehat.

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s