My First Award ^_^

Berawal dari sebuah tag di salah satu SNS (Social Networking Sites). Saya gak ngerti sebenarnya itu postingan apa. Tapi, saya tau kok siapa yang posting. Salah satu teman sesama blogger. Karena penasaran, saya buka aja linknya (sebenarnya penasarannya karena nama saya ditaruh di sebelah nama-nama penulis yang menurut saya keren-keren hehe :D). Dan terakhir saya baru tau kalo postingan itu tentang sebuah award yang namanya The Liebster Award.
Sekilas Tentang The Liebster Award

The Liebster Award adalah penghargaan berantai yang diberikan oleh satu blogger ke blogger lainnya. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang layak mendapatkannya. Jadi, gak sembarangan hehe.
The Liebster Award berasal dari Jerman. Kata liebster artinya dearest atau kalo diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia; tersayang, terkasih, tercinta. Jadi, bisa berarti “Penghargaan Tersayang” atau “Pemberian Tercinta”. Dan awalnya award ini Cuma diberikan ke sesama blogger perempuan. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu akhirnya award ini juga popular di kalangan blogger laki-laki. Dan akhirnya penghargaan ini diberikan ke siapa saja.
Dengan award ini para blogger bisa saling mengenal satu sama lain dan saling mengapresiasi tulisan satu sama lain. So, sayang banget kalo award ini diabaikan *eaaa 😀
Nah, ini dia peraturan The Liebster Award
1. Berterimakasihlah pada orang yang menominasikan dengan mencantumkan alamat blognya di blog teman-teman sekalian (tapi sebelum itu berterimakasihlah kepada Allah karena dengan ilmunya, kamu bisa nulis dan menghasilkan karya )
2. Tampilkan gambar (logo) TLA-nya di blogmu, boleh dipostkan dimanapun kamu suka. Asalkan terlihat oleh blogger lain.
3. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan oleh blogger yang menominasikanmu untuk TLA.
4. Tulis 11 fakta random tentang dirimu
5. Nominasikan 5 – 11 blogger yang menurutmu layak untuk mendapatkan TLA yaitu blogger yang memiliki follower kurang dari 1000.
6. Bikin 11 pertanyaan baru untuk blogger yang dinominasikan.
7. Masukan peraturan dari TLA di postinganmu
8. Setelah postingannya go public alias udah dipublish. Kalian harus memberitahukan orang-orang yang dinominasikan dalam TLA sertakan pula tautan postingannya.

Alhamdulillahirabbil’alamin, jazakumullah khairan katsir untuk
Nurul Apriliani Rosady aka Rulian Rosady

Hontou ni arigatou, Nurul San 😀 seseorang yang saya kenal lewat twitter, blog dan tumblr. Dan ternyata dia adalah sahabat salah satu teman saya juga, Kamila Aziza Rabiula (haha, dunia itu emang sempit :D) Dia anak Sastra Indonesia Unpad dan bentar lagi siding skripsi 😀 Saya suka postingannya tentang review film dan kebetulan film yang direview juga kebanyakan film yang saya suka hehe 
Gak nyangka banget saya jadi nominator ke-5 dari TLA 😀 Saya pikir saya Cuma ngarep aja blog saya ada yang baca soalnya tulisan saya tidak bisa dibilang tulisan normal hehe 😀 Mou ichido, arigatou ^^

Ini pertanyaannya
1. Apa yang membuat kamu yakin dengan keyakinanmu (agama) saat ini? Awalnya saya mikir kalo Islam adalah agama ritual semata, jadi gak ada beda sama agama-agama lain di dunia ini (itu yang saya pikirkan sampai kelas 6 SD) tapi setelah serius mengkaji Islam di sebuah partai politik internasional, saya jadi punya alasan kuat kenapa saya meyakini agama yang saya peluk sekarang. Alasannya, karena agama saya adalah agama yang sempurna. Agama yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan dirinya, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lain dengan peraturan yang jelas dan rinci. Dan dengan peraturan itulah seluruh umat manusia dapat melangkah di jalan yang benar di dunia dan di akhirat mendapat tempat terbaik, yakni surga.
2. Apa definisi bahagia menurut sudut pandang kalian? Haha, jujur ini pertanyaan yang menurut saya agak sulit untuk dijelaskan. Tapi, berdasarkan pengalaman saya (eciee) bahagia itu ketika kita bisa mengetahui tujuan hakiki hidup kita bahwasanya kita adalah seorang Hamba yang diciptakan untuk beribadah kepada Rabb Semesta Alam, yakni Allah azza wa jalla karena nantinya kita akan kembali ke sisiNya untuk bertanggung jawab atas seluruh amal perbuatan kita selama di dunia. Dan pelengkapnya adalah ketika kita bisa menolong orang lain untuk menemukan tujuan hakiki hidupnya 
3. Apakah kalian bahagia? Alhamdulillah, saya merasa bahagia. Meski dalam hidup ini tidak selalu ada senyuman, namun ketika kita tetap memilih bahagia saat kita sebenarnya tidak bahagia, itu juga adalah sebuah kebahagiaan *sorry, kelewat puitis deh kayaknya*

4. Apakah dunia saat ini baik-baik saja dan kenapa? Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa dunia ini sedang tidak baik-baik saja. Saat ini dunia berada di bawah tirani Demokrasi-Kapitalisme yang menjadikan kehidupan seolah miniatur neraka. Sulit sekali mencari kebahagiaan dibawah jeratan kesulitan ekonomi, buruknya pengurusan rakyat oleh Negara, degradasi moral, rusaknya generasi dan tak terhitung masalah lainnya.

5. Apa kontribusi dan bagaimana caramu untuk mengubah dunia? Tidak harus menjadi hebat untuk bisa mengubah dunia. Tapi, saat kita berhasil mengubah dunia, maka ketika itu kita akan disebut hebat. Hehe, cuma bukan itu yang saya cari. Dari hasil pengkajian saya, penyebab kerusakan dunia hari ini karena penerapan sistem Demokrasi-Kapitalisme yang menjadikan akan manusia sebagai penentu benar-salah serta baik-buruk dan menihilkan peran Allah SWT sebagai Pencipta sekaligus Pengatur dunia. Padahal, sejatinya Allah sudah memiliki aturan sendiri untuk dunia ini yang jika diterapkan maka akan membawa kepada kebahagiaan tidak saja di dunia tetapi juga di hari kemudian. Maka, sejak mengetahui akar permasalahan dan solusinya, saya berusaha untuk menjadi agen Allah dengan misi membebaskan dunia ini dari penghambaan kepada materi menuju kepada penghambaan kepada Allah semata dengan tegaknya Syariat Allah di bawah naungan sebuah institusi bernama Khilafah. Tentu saja saya tidak berjuang sendiri. Karena upaya mengubah dunia adalah sebuah cita-cita besar, maka saya pasti membutuhkan teman-teman yang juga bersedia berjuang bersama. Dan Alhamdulillah Allah mempertemukan saya dengan teman-teman yang luar biasa. Teman-teman yang juga merupakan keluarga saya yang tidak hanya ada di tempat saya berpijak sekarang tetapi juga di seluruh dunia. Dan dimanapun kami berada, doa kami tetap terpanjat satu sama lain. Meskipun terpisah jarak, namun takkan ada seorangpun yang mampu memupus harapan kami untuk mengembalikan dunia ini pada fitrahnya. Hingga masa kami tiba, dimana Allah memanggil kami ke sisiNya. Insyaa Allah.
6. Menurut kalian berprestasi itu kaya gimana sih? Buat saya, berprestasi itu ketika kita bisa mencapai sesuatu yang kita cita-citakan serta berkarya untuk bisa menebarkan manfaat kepada orang lain.
7. Apakah kalian sendiri sudah berprestasi, boleh dong disebutkan kakak?! Haha, saya jadi malu. Hmm, kalo soal pencapaian sepertinya masih nyaris alias belum benar-benar tercapai. Kalo soal karya sih, baru dua hehe. Dan dua-duanya antologi. Yang pertama Omnibook untuk Suriah (tahun 2013) dan yang kedua tentang Hijab. Semoga selanjutnya bisa menghasilkan lebih banyak karya untuk mencerdaskan dan mencerahkan umat ^^
8. Apakah kalian termasuk orang yang menyukai seni? Saya, iya 😀
9. Seni seperti apa yang kalian suka? Jaman dulu saya suka musik. Saking sukanya akhirnya suka nyanyi dan main musik. Tapi, sekarang udah taubatannasuha 😀 Sekarang beralih ke desain, fotografi dan videografi (meskipun harus saya akui, saya belum bisa. Still long way to go :D)
10. Siapa orang yang paling berjasa untuk hidup kalian? Bagi saya, orang yang paling berjasa dalam hidup saya adalah semua orang yang pernah hadir dalam hidup saya. Dari merekalah saya belajar menjadi seorang manusia. Tapi, yang terkhusus adalah kedua orang tua saya, kakak dan adik saya, kakek, teman-teman, guru-guru dan juga musyrifah (Pembina) saya. Tanpa mereka, tidak akan ada Ditri seperti yang sekarang. Love them in Allah ❤
11. Apa tujuan kalian menulis? Awalnya saya menulis karena kecewa sama cerita sebuah komik yang endingnya tidak saya sukai. Setelah itu saya pun berusaha menciptakan sendiri cerita dengan awal dan akhir yang saya inginkan. Kemudian saya senang membaca dan bercerita untuk membagi apa yang sudah saya ketahui (sampai-sampai teman saya pernah bilang, Dit, kalo cerita sama kamu sampai kiamat gak bakal selesai :D) Sampai akhirnya saya menyadari bahwa menulis juga mampu menciptakan sebuah perubahan. Tulisan bisa mengubah pemikiran seseorang. Dan sampai sekarang saya (masih) menulis karena saya ingin mengubah pemikiran orang lain dan menginspirasi mereka untuk menjadi seseorang yang berjalan di atas kebenaran yang bersumber hanya dari Allah azza wa jalla.

Dan ini 11 random facts tentang saya
1. Nama lengkap saya Dwi Putri Ayu Rizki Anggun Lestari. Nama Ditri saya ambil dari nama depan saya, Dwi Putri.
2. Saya adalah seorang perantau sejati. Kedua orang tua saya asli Muna (sebuah suku di sebuah pulau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan nama yang sama, Pulau Muna). Saya lahir di Kendari (ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara) dan menghabiskan masa kecil di Bombana (sebuah kabupaten di provinsi yang sama. 6 jam perjalanan dari Kendari) dan kelas 4 SD pindah ke Kendari sampai SMA dan sekarang kuliah di Malang.
3. Waktu kecil terkenal tomboy banget. Mungkin karena waktu itu teman main saya banyak cowok, kayak adik, sepupu dan tetangga (meskipun saya juga populer sih diantara anak-anak perempuan). Sampai akhirnya SMP memutuskan berkerudung itupun karena disuruh, tapi ajaibnya saya manut aja 😀 Dan gak ada yang nyangka seorang Ditri bisa pake pakaian muslimah karena dulu saya termasuk yang ogah berpenampilan cewek. Saya anti banget sama rok, kerudung apalagi jilbab (gamis). Tahun 2007 mulai mengkaji Islam karena ikut Rohis di sekolah. Agustus 2007 akhirnya berjilbab (orang sekarang nyebutnya gamis) dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberi keistiqomahan di jalan ini.
4. Waktu lahir saya sempat gak bernafas beberapa menit, sampai akhirnya saya digantung terbalik sama dokter trus belakang saya dipukul dan ternyata saya neguk lendir ketuban. Jadilah saya penderita asma sejak lahir. Selain asma saya juga alergi dingin dan debu. Karena itu juga saya jadi gak terlalu bisa olahraga. Padahal, saya suka banget sama basket. Tapi ya gitu, baru juga 10 menit main udah mau mati rasanya 😀
5. Waktu SD sering dibully. Tapi saya gak pernah nangis pas dibully. Dan saking gak digubris sama saya, cowok-cowok yang ngebully saya tambah semangat nyari gara-gara. Makanya kerjaan saya berantem sama mereka. Cuma sekali saya nangis. Pas dikeroyok pulang sekolah karena mereka gak suka saya bantuin anak baru di kelas. Dan karena itu saya gak suka sama orang yang suka nindas orang lain. Sampai SMP pun saya masih jadi musuh bebuyutan cowok-cowok yang suka ngebully orang lain. Saya terkenal galak dan cerewet makanya mereka beraninya main belakang.
6. Agenda dakwah paling berkesan bagi saya adalah Konferensi Intelektual Muslimah untuk Bangsa di UI, Depok dan Muktamar Khilafah 2013 di Jakarta. Waktu MK Jakarta saya sampai nangis pas masuk stadion. Udah gitu ngeliat semua orator bersemangat padahal udaranya panaaaaas banget. Tapi, itulah keyakinan. Dia akan membuatmu menjadi seseorang yang luar biasa. Dan ini adalah kesyukuran terbesar saya yaitu menjadi bagian dari perjuangan dakwah mengembalikan kehidupan Islam di bawah naungan Khilafah.
7. Saya suka sekali warna biru. Makanya saya suka pantai atau yang berbau laut. Karena langit dan laut warnanya mirip kalo dilihat dari jauh. Tapi, sama teman-teman saya, saya dipanggil Oren. Waktu pembagian warna saya ngalah sama teman saya yang juga suka biru 😀 (salah satu blog saya namanya Lazuardi yang artinya warna biru).
8. Saya takut ketinggian dan kedalaman.
9. Sempat jadi artis sekolah karena disuruh nyanyi keliling ruangan pas MOS. Beberapa kali ditawarin masuk band tapi saya nolak. Haha, saya gak minat sama sekali. Alhamdulillah udah taubatannasuha ^_^
10. Sekalipun belum mengenal Islam kaffah, Alhamdulillah saya tidak pernah pacaran. Mungkin karena cowok adalah makhluk paling menyebalkan di mata saya hehe. Tapi asli emang saya sebel sama orang pacaran. Hanya saja pernah menyebar gossip tentang saya dan teman sekelas saya karena wali kelas kami menyebutkan nama kami dalam soal cerita padahal asli itu gak disengaja. Tapi, gara-gara itu, satu kelas heboh dan menyebar sampai ke kelas lain (Dasar ABG).
11. Cita-cita saya pengen jadi Psikiater, tapi sekarang saya kuliah di jurusan Sastra Jepang dan sebenarnya saya gak suka Jepang. Awalnya saya suka Korea tapi gak tau kenapa waktu itu milih Jepang 😀

Award ini saya nominasikan untuk….
1. Eresia Nindia Winata | http://penarevolusi.wordpress.com/ (Tulisan-tulisannya nyastra banget)
2. Gamal Abdul Nasser | http://gamalanpro.wordpress.com/ (Tulisannya menonjok)
3. Devia Kusmawati Arfina | http://inspirasidevia.wordpress.com/ (Baca tulisan mb Dep kayak baca buku Chicken Soup :D)
4. Ummu Kultsum | http://perjalananprofesor.blogspot.com/ (Partnerku yang selalu punya cerita menarik dan lucu ^^)
5. Abdul Qodir | http://aabelkarimi.blogspot.com/ (Tulisannya cadas. Gaya mahasiswa banget. Jelas, lugas, tegas 🙂 )

6. Nurintan Sri Utami | http://helloislam.wordpress.com/ (Bikin ilmu psikologi selalu menarik untuk dibahas. Thanks for sharing dek ^^)

7. Endang Rahayu Tripurwandani | http://endangrahayublog.wordpress.com/ (baru dua orang (yang saya kenal) yang bisa menyulap tulisan seberat kontainer menjadi seringan kapas dan serenyah kripik tempe, salah satunya mb en :D)
8. Lailatul Fitriyah | http://fitriecordova.blogspot.com/ (selalu penuh hikmah dalam setiap tulisanmu *iklan kali*)
9. Amirah Puspadewi | http://apuspadewi.tumblr.com/ (Lucky #9. Puisimu selalu kutunggu, kawan. Semoga segera terbit antologinya ya ^^)
10. Priscilla Auldrine Kaurouw | http://priscillaauldrine.tumblr.com/ (informasi yang selalu bermanfaat dan menginspirasi )
11. Miftahul Jannah | http://miftah02.tumblr.com/ (The Quote Hunter. Selamat menempuh fase hidup selanjutnya. Ayo, nulis lagi :D)

Sebagian besar yang saya nominasikan adalah orang-orang yang (Alhamdulillah) sudah saya kenal. Ada yang memang kenal dan ada juga yang kenal dari blog ataupun sosmed. Dan bagi yang belum kenal, mungkin kalian tidak mengenal saya. Tapi, saya mengenal kalian dari tulisan kalian. Jazakumullah khairan katsir sudah memberikan banyak ilmu kepada saya juga kepada orang-orang yang membaca tulisan kalian. Semoga selalu bisa menebar inspirasi dimanapun.
Last but not least, 11 pertanyaan untuk para Nominator
1. Kenapa kalian tertarik untuk menulis?
2. Siapa inspirator terbesar dalam hidup kalian?
3. Bagaimana kalian melihat keadaan dunia hari ini? Apakah ada yang perlu diubah?
4. Apa yang akan kalian lakukan untuk mengubahnya?
5. Apa arti Islam bagi kalian?
6. Buku apa yang menginspirasi kalian untuk berubah?
7. Apa hal menarik selain menulis untuk kalian?
8. Bagaimana cara kalian mengatasi kesulitan dan bangun dari keterpurukan?
9. Apa cita-cita terbesar kalian dalam hidup ini?
10. Apa hal terpenting dalam hidup ini bagi kalian?
11. Adakah tempat yang paling ingin kalian kunjungi di dunia ini? Kenapa?

Ditunggu postingannya ya, teman-teman 🙂

 

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

8 thoughts on “My First Award ^_^

  1. Sugoi 😀

    Itu lengkap bener deh nama eike ditulisnya, hehehe
    Ampe disebutin profilnya, kan jadi malu. Ternyata dirimu aslinya adalah orang Sulawesi, itu adalah jauuhh sekali.

  2. Hehe, random fact yang lain. Kalo kenalan sama orang, hal pertama yang kucatat dalam memoriku adalah nama lengkap dan tanggal lahirnya 😀

  3. waahh…setelah lama tak menengoknya ternyata ada tulisan ini…
    hmm….jadi begitu ceritanya yah 😀 😀
    suka ngiri sama tulisanmu >.<
    hmm…aku pasti bisa kaya kamu nih nulisnya *pede banget dah*
    ganbatte buatku -tulisannya bener g yah- 😛

  4. Tulisan apa? 😀 Ngiri? Haha aku tau kamu pasti bisa buat yang cetar juga. Ayok atuh ditunggu 🙂
    Sayangnya ak dulu gak sering baca blogmu jd gak tak recommend buat liebster award. Tapi unofficial special for you, urutan ke 12 😀

Leave a Reply

