Dunia Itu Bernama SMA

Iseng bongkar-bongkar tulisan jaman SMA. Haha, gak terasa ternyata sudah lama sejak saya mulai nulis. Bermula dari iseng, trus tuntutan profesi di organisasi sekolah dan akhirnya jadi hobi yang gak bisa lepas sampai sekarang. Percaya atau gak, ini ditulis oleh seorang anak SMA kelas 3 yang lagi semangat-semangatnya mengkaji Islam di sebuah partai politik Internasional. Ya, ini tulisan saya.

================================================================================

Di jagad raya ini banyak sekali tempat-tempat yang untuk sebagian orang akan dianggap sebagai dunia. Dunia tempat dia melakukan segala aktivitasnya. Semua orang punya dunia tersendiri. Tapi, di balik itu ada sebuah dunia yang penuh dengan kejutan. Dunia yang indah menurut banyak orang, dunia yang mengerikan menurut orang-orang tertentu dan dunia yang rumit dan penuh cobaan menurut sedikit orang yang berani mengambil resiko. Dunia ini dihuni oleh anak manusia yang berusia 15-18 tahun. Mereka adalah remaja. Dan dunia itu bernama SMA.

Kata orang, masa SMA adalah masa-masa yang takkan pernah terlupakan saking indahnya. Karena di SMA adalah tempat dimana segala sesuatu sudah mulai dapat dipikirkan dan dirasakan. Dan di tempat itu banyak kenangan yang berbeda-beda dan akan sangat indah untuk dikenang bersama orang-orang yang spesial. Semua menjadi lain saat mulai memasuki dunia yang bernama SMA (Sekolah Menengah atas). Banyak hal yang bisa ditemui di sana.

Pertama, pelajaran dan tentu saja guru yang berbeda dengan SMP. Mereka akan mempunyai kesan tersendiri di mata siswanya. Ada yang pelit, sangar, cerewet dan yang baik itu yang paling akan dikenang. Kedua, cinta. Ini yang paling banyak dibahas pada masa SMA yang membuat pelaku dunia hiburan khususnya bagian acting sebagian besar menggunakan latar SMA sebagai latar ceritanya karena kisah cinta anak SMA memang selalu segar untuk diangkat. Jatuh cinta memang hal yang wajar karena jatuh cinta merupakan bukti bahwa telah ada perubahan dalam diri kita. Dan jatuh cinta bukanlah sebuah aib. Namun, kita tidak bisa begitu saja mengumbar rasa cinta dan memanifestasikannya dalam bentuk yang tidak seharusnya. Dan ini pula yang banyak menjerumuskan sebagian besar generasi muda ke dalam jurang kemaksiatan dan yang paling banyak adalah generasi muda Muslim. Banyak faktor yang bisa menjadi alasan. Dan alasan yang kuat adalah salah mengartikan apa itu cinta karena tidak mengerti definisi cinta itu sendiri sehingga mengartikannya dengan perasaan dan karena hawa nafsu (perasaan) membuat mereka bebas melakukan apapun hingga mereka akhirnya menyesal seumur hidup. Inilah alasan yang membuat banyak generasi muda kehilangan masa depan mereka, hanya karena kesalahan pendefinisian. Ketiga, teman yang nantinya akan dipilih menjadi sahabat. Ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari dunia yang bernama SMA. Sahabat juga akan menentukan jalan masa depan, karena kebanyakan seseorang lebih mengikut dan percaya pada sahabatnya. Tidak selamanya sahabat adalah orang yang baik, karena ukuran sahabat tidak hanya dilihat dari seberapa besar kesetia kawanannya dan seberapa solidernya dia pada kita. Terkadang, ada sahabat yang bisa menjerumuskan pada kesesatan tapi tidak berarti semua sahabat begitu. Banyak pula sahabat yang bisa menunjukkan kebenaran. Keempat, hidayah. Hidayah atau petunjuk akan kebenaran bisa didapat dimana saja tak terkecuali dunia yang bernama SMA. Disitulah hidayah mulai bertebaran. Dan penebarannya tidak terlepas dari manusia yang berjuluk sahabat. Walau menempuh proses yang memakan waktu yang tidak cepat, tapi Allah memang menunjukkan hidayah kepada orang-orang yang dikehendakiNya dan orang-orang yang benar-benar mau berubah menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Dunia SMA tidak selalu membawa kenangan yang indah. Akan indah apabila senantiasa dihiasi dengan aktivitas yang indah pula, apalagi kalau bukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang insya Allah tidak akan membuat kita rugi justru akan makin memperbanyak pahala kita. Insya Allah. So, choose your way from now…!!!

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s