Memaknai Kebersamaan

Di penghujung bulan Desember yang penuh romansa. Yang menandai akhir perjalanan anak manusia sekaligus pembuka gerbang hidup yang baru dalam lembaran catatan perjalanan mereka. Haha, ini kisah saya bersama keempat teman halqoh saya.

Hari itu rencananya kami akan mengkhatamkan kitab nafsiyah sebelum kami menapaki sebuah lembaran baru dalam dakwah. Namun, karena hari itumusyrifah kami terlambat datang, halqoh akhirnya dilanjutkan besoknya.

Sebelum itu, kami menyempatkan untuk bercengkrama sambil mengambil gambar sebagai kenang-kenangan. Pasalnya, dua dari empat teman halqoh saya akan kembali ke kampung halaman masing-masing. Yang satu kembali ke daerah yang sama dengan daerah asal saya, yang satu lagi kembali ke Negara asalnya, Vietnam.

Hujan mengiringi tawa kami sore itu. Dan mungkin dalam hati berpikir tentang perpisahan yang pasti terjadi. Ya, salah satu warna dakwah kampus adalah ketika sudah selesai masa studi di kampus. Mau kemana lagi? Jika tidak melanjutkan studi berarti kembali ke kampung halaman. Saat itulah semua terasa bermakna meskipun kebersamaan yang kami bangun sudah berada di penghujung pertemuan. Tapi, kenangan itu selalu manis untuk diingat.

Ya, ngomong-ngomong soal empat teman halqoh saya. Baiklah akan saya perkenalkan. Yang paling pertama pulang kampung namanya Mbak Endang. Beliau jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran. Beliau dulu adalah kakak kelas saya meskipun kami tidak satu SMA, tetapi kami berada di organisasi yang sama, yakni organisasi yang membawahi Lembaga Kerohanian Islam untuk sekolah. Mungkin kalo sekarang setara dengan BKLDK atau FSLDK. Beliau adalah orang yang rame dan suka bercanda. Beliau juga suka yang berbau Asia Timur, kayak Jepang dan Korea. Ditambah lagi beliau suka menulis dan tulisannya gokil. Lumayan buat ngencerin dahak *eh buat refreshing.

Kedua, che Lyn. Beliau adalah mahasiswi internasional dari Vietnam. Beliau jurusan Teknologi Industri Pertanian. Che Lyn termasuk salah satu orang ajaib yang saya temui di kampus hehe. Beliau suka travelling dan wisata kuliner. Beliau juga rame, periang dan asik buat di-bully haha *peace che Lyn* Dan Che Lyn adalah tempat nebeng saya kalo berangkat halqoh atau berangkat kemana-mana hehe.

Ketiga, Mbak Esti. Beliau adalah dosen Teknik Elektro lulusan ITS. Beliau dewasa banget orangnya. Mungkin karena gaulnya sama dosen-dosen kali ya? Haha. Beda banget sama Che Lyn yang mahasiswa banget gayanya. Kalo mbak Esti tuh anggun dan berwibawa. Beliau juga baik banget. Kalo halqohnya mepet sama kuliah saya, pasti saya nebengnya sama beliau. Tapi sebenarnya mbak Esti juga rame lho, asik diajak bercanda haha 😀

Keempat, Muthi. Muthi adalah adik kelas saya. Dua tingkat di bawah saya. Seangkatan sama adek saya. Dia satu fakultas sama Che Lyn tapi jurusannya beda. Kalo Muthi jurusan Teknologi Hasil Pangan. Karena Muthi juga saya kenal sama Fitri, teman virtual saya yang dulunya teman halqoh Muthi di Bogor. Muthi anaknya keren kalo saya bilang. Soalnya untuk anak baru dia termasuk yang militan. Semangat dakwahnya oke meskipun kadang di kampus juga rada adem soal bara dakwah, tapi dia termasuk yang membuka kunci membesarnya dakwah di Fakultas Teknologi Pertanian. Muda, bersemangat dan militan. Yah gak heran sih soalnya itu didikan dari keluarganya juga. Hehe dan karena ada Muthi saya gak jadi yang paling bontot lagi deh 😀

Semoga kebersamaan yang singkat ini dapat dikenang sebagai pelajaran nantinya, yang bisa dibagi ke adik-adik binaan, teman-teman seperjuangan yang lain dan mungkin ke anak cucu nantinya.

Uhibbukum fillah ukhti 😀

Khairunnisa, January 9th 2014. 10:29. Bersiap rehat.

Advertisements

Author:

Muslimah | 92 Line | INFP | Free Spirit "A" Type | Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia | Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s